Peluang Usaha Jus Buah

Anda sedang mencari peluang usaha yang potensial untuk digeluti? Kenapa tidak mencoba usaha jus buah? Trend minuman kesehatan saat ini sangat pesat. Hal tersebut terlihat jelas dari minuman kemasan yang mengalahkan minuman bersoda yang diklaim tak sehat. Salah satu komoditi yang laku dijual dalam bentuk kemasan adalah jus buah. Sayangnya, sama seperti makanan atau minuman instan lainnya, jus buah kemasan hampir pasti memakai pengawet. Hal ini banyak dihindari konsumen sehingga mereka lebih menggemari jus buah segar. Celah inilah yang memberi peluang usaha jus buah tumbuh sedemikian pesat, tahun ke tahun. Tertarik mencoba?

Persiapan Awal 

Usaha jus buah memang tengan digandrungi banyak pengusaha pemula. Selain modal yang minim, keuntungan yang didapat juga terbilang wah. Istimewanya, kecakapan khusus dalam membuat buah juga bukan perkara yang rumit didapatkan. Jadi usaha ini memang patut dicoba. Namun, persaingan tentu akan menggerus mereka yang tidak kompetitif. Agar usaha Anda tidak layu sebelum berkembang, pastikan Anda memperhatikan hal-hal berikut:
  1. Tentukan jus buah apa yang hendak Anda jual. Makin banyak pilihan tentu makin baik.
  2. Kedua, pastikan Anda menggunakan buah kualitas terbaik. Berbelanja langsung di petani juga bisa menjadi alternatif yang baik. Ingat, buah segar akan membuat rasa jus Anda juga prima.
  3. Selanjutnya, tentukan pula tempat Anda hendak berjualan. Gerobak pinggir jalan atau menyewa bangunan tersendiri. Sebagai pemula, tak ada salahnya mencoba medium gerobak. Agar tidak menarik, pastikan gerobak Anda terlihat apik! Ingat, kesan pertama itu wajib diperhatikan.
  4. Pilih brand yang unik. Meski berjualan di gerobak, bukan berarti Anda luput memilih nama usaha Anda. Pakai nama yang menarik seperti misalnya Jus Buah Pak Lebah dan semacamnya.
  5. Selanjutnya, pastikan Anda memperhatikan higienitas. Gunakan sarung tangan saat memegang buah, jangan pakai alat yang kotor dan pastikan pegawai Anda memakai celemek. Semua poin ini diperhatikan oleh konsumen, selain rasa tentunya.
  6. Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam membangun usaha jus buah ini adalah lokasi penjualan. Di mana-mana, lokasi sangat menolong penjualan. Meski pada akhirnya orang cenderung memilih rasa, tapi pastikan lokasi berjualan Anda mudah dijangkau.
  7. Berikutnya, bereksperimenlah dengan rasa jus Anda. Tak ada salahnya berinovasi seperti misalnya membuat jus unik dengan mencampurkan lebih dari dua buah dalam 1 resep. Pastikan Anda mencobanya dirumah dulu sebelum dijual bebas. Kalau perlu gunakan survey kecil-kecilan dengan membagikan jus inovasi Anda ke beberapa sahabat, mintalah pendapat jujur mereka.
  8. Terakhir, pastikan harga Anda kompetitif. Biarkan konsumen mendapatkan jus harga termurah. Tapi sebagai selingan, Anda bisa mematok harga yang tinggi untuk jus spesial hasil inovasi Anda di dapur.

Usaha jus buah
ini layak digeluti dengan serius. Jadi, jangan hanya gunakan niat tapi juga kencangkan strategi berjualan Anda. Selamat memulai usaha ya!