Resep Cara Membuat Jus Kacang Hijau

cara membuat jus kacang hijau
Mungkin terasa sedikit aneh kalau kita mendengar istilah jus kacang hijau. Tapi, minuman yang satu ini sudah sangat sering kita jumpai dan bahkan sering kita konsumsi sehari-hari dengan nama sari kacang hijau. Sari kacang hijau sudah sejak lama menjadi penghuni tetap mesin pendingin di berbagai minimarket. Yup, selain lezat, minuman yang satu ini kaya akan nutrisi lho!

Ingin tahu bagaimana cara membuat jus kacang hijau sendiri di rumah? Gak perlu lama-lama, berikut ini resepnya :

Resep Jus Kacang Hijau / Sari Kedelai :

Bahan yang dibutuhkan :
  1. Kacang hijau kualitas terbaik sebanyak 150 gram
  2. 150 gram gula jawa yang disisir
  3. 200 gram gula pasir
  4. Jahe yang telah dibakar dan dikupas kulitnya sebanyak satu ruas
  5. Daun pandan
  6. Sedikit garam
  7. Air secukupnya.
Cara Membuat :
  1. Rendam kacang hijau ke dalam 1 liter air. Buang kacang hijau yang mengapung. Kemudian diamkan selama kurang lebih satu jam hingga kacang hijau pecah kulitnya. Setelah kulit kacang hijau mulai pecah, cuci bersih kacang hijau tersebut kemudian tiriskan.
  2. Didihkan kurang lebih 2,5 liter air. Setelah mendidih masukkan kacang hijau yang telah dicuci bersih kedalam air mendidih dan masak hingga empuk. Jangan lupa masukkan gula merah ke dalam panci ketika memasak kacang hijau. Waktu yang diperlukan kurang lebih 15-20 menit.
  3. Setelah empuk matikan api dan saring kacang hijau dengan air yang digunakan untuk merebus. Air rebusan jangan dibuang dan sisihkan di dalam wadah tersendiri.
  4. Masukkan kacang hijau yang sudah dimasak ke dalam blender. Tambahkan jahe dan gula pasir. Haluskan!
  5. Setelah halus, saring kacang hijau yang telah diblender dan masukkan ke dalam air rebusan tadi. Jika ampasnya masih banyak, bisa diblender kemudian di saring lagi.
  6. Setelah selesai, rebus sari kacang hijau tersebut hingga mendidih. Campurkan sedikit garam dan juga masukkan daun pandan.
  7. Apabila dirasa terlalu kental tambahkan air ketika merebusnya. Dan apabila terasa kurang manis, Anda juga bisa menambahkan gula.
Nah, mudah bukan cara membuat jus kacang hijau sendiri? Anda bisa mengkonsumsinya dalam keadaan hangat atau bisa juga dikonsumsi menggunakan es. Selamat mencoba!



Sumber : http://carauntuk.blogdetik.com/cara-membuat-sari-kacang-hijau/