Cara Membuat Jus Sirsak Sehat dan Nikmat

cara membuat jus sirsak
Pernah mendengar istilah Annona muricata L.? Mungkin sebagian dari kita belum mengetahui bahwa istilah latin tersebut merujuk pada buah sirsak atau nangka belanda. Buah yang satu ini kabarnya merupakan tanaman asli dari Karibia, Amerika Selatan dan juga kawasan Amerika tengah. Meski bukan berasal dari Indonesia, namun saat ini kita dengan mudah mendapatkannya di pasar tradisional maupun modern. Atau mungkin saja di pekarangan rumah Anda terdapat pohon sirsak? Jika demikian, maka Anda beruntung. Sebab selain nikmat, buah yang satu ini juga menyimpan sejuta khasiat bagi kesehatan juga kecantikan. Karena itu tidak heran jika banyak ahli gizi yang merekomendasikannya. Suka dengan buah sirsak? Jika iya, silahkan simak cara membuat jus sirsak berikut ini.

Siapkan Bahan-bahan!

tidak seperti buah lainnya, memang mengkonsumsi buah sirsak langsung agak merepotkan. Jadi jauh lebih baik jika kita mengolahnya menjadi jus. Untuk itu, siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • Sirsak sebanyak 1 buah berukuran sedang. Pilih yang telah matang sempurna.
  • Gula pasir sebanyak 3 sendok makan. Pilih yang rendak kalori agar tidak merusak manfaat jus sirsak Anda.
  • Susu kental manis sebanyak 5 sendok makan.
  • Es batu sebanyak ¾ gelas.
  • Air matang sebanyak 250 ml.

Setelah semua bahan siap, saatnya kita mulai proses peracikan. Adapun cara membuat jus sirsak, langkah demi langkah, sebagai berikut:
  • Pertama, kupas buah sirsak dari kulitnya dan pisahkan daging buah dari bijinya.
  • Kemudian masukkan daging buah sirsak tersebut ke dalam wadah blender bersama dengan susu kental manis dan juga gula pasir. Nyalakan mesin dan tunggu hingga semua bahan halus sempurna.
  • Tuang jus sirsak ke dalam gelas saji dan tambahkan di atasnya es batu atau es serut.
  • Jus sirsak Anda sudah siap dan bisa dinikmati.

Sejuta Manfaat Jus Sirsak

Sebaiknya konsumsi jus sirsak saat perut Anda dalam keadaan kosong utamanya di pagi hari. Hal ini akam membuat penyerapannya lebih maksimal. Jika dikonsumsi dengan benar, jus ini akan membantu menangkal dan menyembuhkan penyakit serius seperti kanker, ambeien, gangguan pada kandung kemih, anyeng-anyengan, mencret dan masih banyak lagi lainnya. Jadi jangan malas mengkonsumsi buah sirsak ini. Terlebih cara membuat jus sirsak juga sangat mudah dan praktis. Selamat mencoba ya!